-->

Tuesday 26 February 2013

CheckList*

Susah mencari lambang check list seperti yang ada di simbol-nya Ms.Word.
Jadi ya seadanya saja, hehe..

Lambang tersebut digunakan buat meng-iya-kan atau memilih,
Misal dalam form2 resmi, dalam kuesioner, dalam penandaan catatan, pengecekan barang, de el el.

Tahukah bahwa tanda check list itu sangat berarti buat saya?
Ya.. ya.. berarti sekali, lambang tersebut punya sudut tertentu (yang pasti sudut lancip lebih bagus view nya).
Misalkan kita membuat dari kiri ke kanan, lambang ini beranjak dari pijakan yang tidak terlalu besar, bahkan cenderung bebas, sejatuhnya pena. Selanjutnya terus menurun, menukik, sampai tidak tahu kapan akan naik (berada pada titik terbawah).

Dari sinilah menariknya, lambang ini mampu mengungkit lagi dirinya untuk menang dari pijakan pertamanya. Dari titik berangkat terbawah, terberat, lebih rendah dari titik pertama dia hadir di selembar kertas, dia mengungkitnya perlahan, hingga membentuk coretan ke atas yang lebih tinggi, sangat lebih tinggi. *Misal gak tinggi, cuma jadi huruf V soalnya :B (dan menurut saya, view nya gak bagus :D ).

Begitupun tiap orang, harus mampu membuat 'check-list' buat diri mereka.
Banyak orang tahu, sebaik-baiknya kondisi adalah yang konsisten, meskipun kecil capaiannya.
Namun siapa sangka jika suatu waktu kita 'terjatuh'? terjerembab lelah dan sakit di ujung terbawah kondisi yang pernah dia alami, siapa mau dan siapa tahu?

Disinilah lambang ini memberi pelajaran,
Meski cuma lambang, jadikanlah hidup kita seperti dia, dalam makna-nya.
Karena merasakan tepukan penyemangat saat kondisi 'sehat' akan sangat berbeda dengan tepukan penyemangat yang dirasa saat 'sakit'. Sebaik apapun yang diberikan, akan terus terasa sakit saat kita dalam kondisi 'sakit', 'terluka'. So, segeralah beranjak dari 'sakit' tadi, dari kondisi tidak enak tadi, akan salah sendiri jika memanfaatkannya untuk diam dan mencari pelarian, TIDAK, kita harus 'membalas'. Saat kita bermasalah katakan, banyak yang dipikir, semakin capek, bingung, kita merasa 'sakit'. jadi segera beranjaklah, bukannya dengan tidak memikir, tidak mau capek dan bingung dan memilih enak saja. Tapi langsung 'membalas' dengan lebih produktif, nikmati seluruh aktifitas dan 'membalas' dengan dekatnya kita ke Dia. Balasan tadi akan sangat mengokohkan kondisi kita. Allah Swt. pencipta, maka Dia lah penyembuhnya. Jadi harus rajin2 dekati Dia, maka kita akan melejit, sangat tinggi.....'Sakit' nya kita sewaktu berada dalam kondisi terbawah tadi, insyaAllah, dengan semakin di titik terbawah kita terjatuh, akan semakin tinggi coretan yang akan terbentuk untuk membentuk checklist tadi.

Syarat pentingnya adalah, seberapa kuat dan seberapa sabar serta seberapa yakin kita akan tercapainya hal tersebut. Naik dari kondisi terbawah bukan perkara mudah, malah, tenaga dan effort yang diperlukan berkali lipat dari effort yang pernah dilakukan sebelum2nya. Namun jangan lupa, sebaik3 penawar, penghilang lelah, de ka ka, adalah dekat dengan Nya. Saya sangat sangat sangat percaya..!!





* Inspirasi diperoleh dari taujih Ust. Anis Matta, namun isi disesuaikan buat peristiwa yang umum terjadi :)

2 komentar:

ana zahidah said...

Top analoginya mb checklist sederhana berarti makna :)

ana zahidah said...

keren mba analogi sederhana bermakna luas :) checklist

Post a Comment

Komentar

Mari Budayakan Baca dan Tulis Hingga Akhirnya Memberikan Kemanfaatan Untuk Orang Lain. Powered by Blogger.